class='home blog'>
Posted by : Unknown Minggu, 08 Juni 2014

     Siapa yang besok sekolah? ane baru dapat berita nih bahwa ternyata di Indonesia jam masuk sekolahnya itu paling pagi di dunia, baca deh:



berita dari okezone:

Jam mulai belajar, khususnya di DKI Jakarta, dinilai sebagai jam masuk sekolah terpagi di dunia. Di Indonesia para siswa diwajibkan untuk masuk sekolah pukul 06.30 WIB. 
Penilaian itu merupakan identifikasi hasil kajian evaluasi satu tahun pendidikan DKI Jakarta di bawah pemerintahan Jokowi-Ahok, yang disampaikan oleh Koordinator Tim Kajian Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) Retno Listyarti, di Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Retno mengatakan, FMGJ dan banyak pihak sudah memberikan masukan namun belum direspons. Bahwa masuk sekolah terlalu pagi melanggar hak-hak anak dan telah meningkatkan penyakit pencernaan di kalangan siswa. Jam belajar yang bisa terlalu pagi menurutnya, bisa mengubah pola makan dan waktu makan karena kebanyakan siswa tidak sempat sarapan.

"Kebijakan pendidikan seharusnya mempertimbangkan kepentingan peserta didik, bukan mengorbankannya," ujarnya di Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, Retno juga memaparkan evaluasi bidang pendidikan lainnya yang, yakni belum melayani dan mengayomi stakeholder pendidikan seperti kasus guru Ibu Erida di SMAN 29 Jakarta.

Menurutnya, Ibu Erida pensiun dini karena sakit. Tetapi sudah lebih dari 16 bulan dia belum menerima uang pensiun. Kasus lain, yaitu kasus pemutasian sepihak karena guru memperjuangkan haknya yang dinoljamkan.

"Kasus pemutasian sepihak, karena guru melaporkan pungutan uang di sekolahnya," ucapnya.

Kemudian, masih maraknya tawuran dan kekerasan dalam pendidikan karena tidak adanya sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2012 tentang Perlindungan Anak. Sehingga kekerasan dalam pendidikan terus terjadi.

"Penanganan yang tidak tepat dari aksi tawuran para pelajar DKI Jakarta, tetapi usulan penanganan dari pihak guru, orangtua dan siswa, justru tidak diminta dan ketika diberi usulan cenderung diabaikan," ungkapnya.

sebagai pembanding, nih jam masuk sekolah di beberapa tempat di dunia:


- Sekolah Victoria Melbourne:


Sistem sekolah di Melbourne, Victoria dinilai berkelas dunia. Dengan guru yang memiliki kualifikasi universitas dan kurikulum yang komprehensif, sekolah dapat memberikan dorongan dan dukungan kepada pelajar dengan latar belakang bahasa selain Bahasa Inggris.
Tentang sistem sekolah Victoria

Komitmen pemerintah Victoria terhadap pendidikan berkualitas dimulai dari usia muda. Mulai dari sekolah dasar (usia enam sampai dua belas tahun) hingga sekolah menengah (dua belas sampai tujuh belas tahun), sistem sekolah Victoria adalah salah satu yang paling maju di dunia.

Para pelajar masuk sekolah mulai dari jam 8.30 sampai 15.30, hari Senin sampai Jumat. Ada empat term (semester) dalam satu tahun yang dimulai pada akhir Januari dan berakhir pada pertengahan Desember. Ada liburan singkat antar semester dan liburan musim panas yang lebih panjang pada bulan Desember dan Januari.

Kebanyakan sekolah Pemerintah adalah heterogen (ada pelajar perempuan dan laki-laki) tapi tersedia juga beberapa sekolah homogen.

-Jam Masuk Sekolah Singapura: 

Siswa di Singapura termasuk yang masuk paling pagi, yaitu pukul 7.30. Namun, kemungkinan pemerintah akan memundurkan jam masuk tersebut karena dengan jam masuk saat ini dipandang telah mengakibatkan anak-anak yang tinggal agak jauh dari sekolah terpaksa berangkat terlalu pagi.

-Jam Masuk Sekolah China:

Siswa di China masuk pukul 08.00 meskipun terkadang ada pula hari-hari di mana siswa masuk lebih pagi, pukul 7.30, misalnya, karena kegiatan lain, seperti senam atau baris-berbaris.

-Amerika Serikat dan Inggris

Di negara lain, seperti Inggris dan Amerika Serikat, jam masuk sekolah bervariasi antara pukul 08.00 dan 09.00 dan kerap dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan.

Di Athens, Ohio, misalnya, tempat anak-anak saya sempat bersekolah selama beberapa tahun, siswa SD masuk pukul 09.00 dan pulang pukul 15.00, sementara siswa SMP masuk pukul 7.30 dan pulang pukul 14.00.

-Finlandia

Kegiatan Sekolah di Finlandia rata-rata hanya 30 jam per minggu,berarti hanya 6 jam per hari.Pelajar akan masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 13.00

Sumber : 
http://www.kaskus.co.id/thread/52613dcfbbf87b523a00000a/wah-ternyata-jam-masuk-sekolah-di-indonesia-paling-pagi-di-dunia (dengan perubahan)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translator

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter

- Copyright © NRM's Diary -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -